Kamis, 20 November 2014

Biota Laut Sekotong

Zakaria Khori Hermawan
  Kita Lihat Dahulu Pemandangan yang ada di Laut Sekotong Lombok Barat










Biota laut adalah berbagai jenis organisme hidup di perairan laut yang menurut fungsinya digolongkan menjadi tiga, yaitu produsen, konsumen, dan redusen. Yang pertama ialah produsen, produsen ialah biota laut yang mampu mengintegrasi yang menghasilkan zat organik baru, dari zat anorganik, kedua adalah konsumen merupakan biota laut yang memanfaatkan zat organik dari luar tubuhnya secara langsung. Yang ketiga adalah redusen, redusen merupakan biota laut yang tidak mampu menelan zat organik dalam bentuk butiran, tidak mampu berfotosintesis namun mampu memecah molekul organik menjadi lebih sederhana. Penggolongan biota laut menurut sifat hidupnya dibedakan menjadi 3 yaitu plankton, nekton, dan bentos. Plankton merupakan semua biota yang hidup melayang di dalam air yang pergerakkannya ditentukan oleh lingkungannya. Kemudian nekton adalah semua biota yang dapat berenang bebas dan mengatur sendiri arah perherakkannya dan bentos merupakan semua biota yang hidup didasar perairan baik membenamkan diri, menempel maupun merayap. Perubahan kondisi laut yang terjadi dimasa lalu hingga saat ini ditambah dengan interaksi biota laut dalam pemangsaan merupakan faktor yang berpengaruh terhadap daya adaptasi pada biota laut. Kemampuan adaptasi biota laut yang berlanjut dalam jangka waktu lama yang akhirnya menjadi sebuah evolusi menjadikan keanekaragaman biota laut menjadi tinggi. Selain itu, laut dengan berbagai kondisi fisik, kimia dan topografi menjadikan biota laut yang hidup didalamnya semakin beragam.

Indonesia kaya akan laut yang indah, salah satunya yaitu Laut Sekotong. Lokasi Laut Sekotong berada di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Letak Pantai Sekotong dekat dengan Pelabuhan Lembar. Pantai ini cukup mudah untuk dijangkau, jika kita dari Mataram (ibukota Provinsi NTB) maka hanya berjarak sekitar 60 kilometer atau sekitar 2 jam untuk sampai di pantai ini.  Untuk mencapai Pantai Sekotong Lombok, kita dapat menggunakan angkutan umum yang berada di daerah tersebut. Dari pantai ini, kita bisa menyeberang ke Gili Nanggu. Pantai Sekotong menawarkan pesona yang tak kalah dari pantai-pantai yang ada di Pulau Lombok. Di pantai ini kita dapat menikmati suasana pantai yang asri, hamparan pasir putih yang halus dengan ombak yang tenang serta hembusan angin yang membuat siapa saja terlupakan akan terbuai. Daerah Sekotong memang memiliki banyak pantai yang sangat indah dan eksotik.  Bahkan ada beberapa pantai yang ternyata belum mempunyai nama.
  
Biota laut tersebut sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, seperti ikan dan rumput laut yang berguna untuk memenuhi kebutuhan gizi. Terumbu karang juga bermanfaat bagi ekonomi rakyat Indonesia. Selain itu, biota laut juga dapat dimanfaatkan sebagai perkembangan pariwisata Indonesia, seperti Sekotong di Lombok Barat,laut Bunaken di Manado, dan juga pulau Wangi-Wangi di Sulawesi Tenggara. Keragaman biota laut ini juga bermanfaat bagi lingkungan, terumama tanaman bakau yang tumbuh di sekitar laut yang menahan gelombang laut yang menyebabkan abrasi.











Daftar Pustaka
·         Anonim. 2014. “Keindahan Biota Laut di Sekotong Lombok Barat” http://www.sweetstory.com/biota-laut/7568567indeks.jpg/keindahan-biota-laut-di-sekotong-lombok-barat/indeks.php diunduh pada tanggal 7 Oktober 2014 pukul 15.41 WIB.
·         Anonim. 2014. “Berwisata Ke Wisata Pantai Sekotong Lombok Barat” http://www.wisatalombokaja.blogspot.com/pantai/lombok/lombok-barat/berwisata-ke-wisata-pantai-sekotong-lombok-barat/indeks.7684628747/indeks.php diunduh pada tanggal 7 Oktober 2014 pukul 16.14 WIB.
·         Anonim. 2014. ”Pantai Sekotong-Tempat Menarik di Lombok” http://lombokinformationcenter.blogspot.com/west-lombok/pantai-sekotong--tempat menarik-di-lombok/indeks.php diunduh pada tanggal 7 Oktober 2014 pukul 16.34 WIB.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar